Partai Komunis Indonesia berdiri tanggal 23 Mei 1920. Dalam melaksanakan programnya PKI tegunh berpegang pada kebijakan Komintern (Komunis Internasional). Sesuai dengan kebijakannya, PKI menyusup ke partai-partai lain pada saat itu. Terutama Sarekat Islam sebagai organisasi massa terbesar pada saat itu.

Sewaktu Komintern memutuskan untuk menentang Pan Islamisme, anggota PKI membentuk kubu SI Prokomunis. Kubu ini berpusat di Semarang di bawah pimpinan Semaun dan Darsono. Akibat dari ulah PKI SI terpecah dua menjadi:
  1. SI Merah (sebutan SI proKomunis)
  2. SI Putih (sebutan SI nonKomunis)
Peristiwa ini menandai berdirinya PKI sebagi organisasi yang berdiri sendiri.

Itulah sejarah singkat mengenai berdirinya PKI sebelum masa kemerdekaan Indonesia. Setelah beberapa kali pemberontakan yang dilakukan PKI, maka semenjak itu pula PKI menjadi partai yang dianggap terlarang di Indonesia.

PKI baru terdengar dan muncul kembali pada saat Presiden Soekarno berkuasa dan mulai condong ke blok Komunis. Ini menyimpang dari prinsip dasar politik bebas aktif pada saat itu.
Diposting oleh Jonatan

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger template by blog forum